Wanita terbaik yang tercatat dalam sejarah

“Sebaik-baik wanita surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran, dan Asiah binti Muzahim.”

(HR Baihaqi)
Dalam sebuah majlis pengajian, tampak imam Ja’far Ash-Shadiq duduk di kelilingi murid-murid nya. Tema pembahasan kali itu adalah tentang wanita.

“Benarkah Hadits yang mengatakan bahwa kebanyakan penghuni neraka itu perempuan?” tanya seorang murid pada Imam Ja’far.
Faqih besar abad kedua Hijriyah itu tersenyum. “Tidakkah kamu membaca ayat Al-Qur’an, “Sesungguh nya Kami menciptakan mereka sebenar-benar nya. Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta dan berusia sebaya.” (QS 56:36-37).
Ayat ini berkenaan dengan bidadari-bidadari yang Allah ciptakan dari wanita yang shalihah. Di surga, lebih banyak bidadari dari pada laki-laki Mukmin,” tutur Imam Ja’far.
Ternyata hadits mengenai wanita ini menjadi topik hangat sejak abad kedua Hijriah. Hal ini di picu hadits Rosulullah SAW yang di riwayatkan Ibnu Abbas. “Aku melihat api neraka, dan penghuni terbanyak di dalam nya adalah dari kalangan wanita yang tidak bersyukur.”
Lantas sahabat bertanya, “Apakah karena mereka tidak beriman kepada Allah?” Rosulullah menjawab, “Mereka tidak tahu berterimakasih kepada suami-suami mereka, juga tidak bersyukur terhadap pertolongan dan kebaikan yang di berikan kepada mereka. Jika kalian melakukan kebaikan kepada mereka, mereka berkata, ‘Saya tidak pernah menerima kebaikan apa pun dari mu (HR Bukhari).

Namun sebagian Ulama berpendapat, Nabi Muhammad SAW sangat spesifik mengenai kriteria perempuan macam apa yang akan di lemparkan ke Neraka. Yaitu perempuan yang tidak menghargai suami.
Islam tidak menggeneralisasi semua wanita. Hadits tersebut sangat khusus, hanya membicarakan dan di tujukan kepada segolongan perempuan, bukan kepada semua wanita.
Dalam ajaran agama Islam, wanita memang menempati posisi mulya. Allah pun banyak membahas soal wanita dalam Al-Qur’an, diantara nya ada satu surat yang di beri nama An-Nisa bahkan ada yang lebih sfesifik yaitu surat Maryam, meskipun sosok maryam bukan Nabi tetapi kisah nya di abadikan dalam Al-Qur’an.

Banyak sekali contoh mengenai sosok wanita ideal yang di jamin masuk surga. Diantara nya adalah seperti yang di sebutkan Rosulullah SAW, “Sebaik-baik wanita surga adalah Khadijah, Fatimah, Maryam dan Asiah. ” (HR Baihaqi). Mereka bukan sembarang wanita, karena begitu banyak sisi kehidupan mereka yang di Abadikan sejarah.

Sumber : Alkisah

 

Leave a comment

Filed under An-Nisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s