Sholawat Nariyah (Sholawat Kamilah)

Sholawat Nariyah

بسم الله الر حمن ا لر حىم

اللهم صلى صلا ة كا ملة و سلم سلا م تا من على سىد نا محمد تنحل به ا لعقد و تنفرج به ا لقرب و تقضا به حوا ءج و تنا ل به      ا لرغا ءب و حسنل الخواتم و ىستسق الغما م بوجهه الكرىم وعلى ا له  و صحبه فى كل لمحة و نفس بعد د كل معلوم لك

Allahumma shalli sholatan Kaamilatan wa sallim salaaman tamman a’laa sayyidina Muhammadin, tanhallu bihil-‘uqodu watanfariju bihil-kurobu wa tuqdho bihil-hawa’iju wa tunaalu bihir-rogho’ibu wa-husnul-khowaatimi wa yustasqol-ghomaamu biwajhihil-karim, wa’ala aalihi wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lumin lak.


” Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan yang sempurna atas junjungan kami, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan berkah nya terlepas segala ikatan, terbebas dari segala kesusahan, tertunaikan segala hajat, tercapai segala keinginan dan husnul khotimah (Akhir hayat yang baik), tercurahkan air hujan (rahmat) dengan  berkah pribadi nya yang mulya. Semoga rahmat dan kesejahteraan tersebut terlimpah pula kepada keluarga dan para sahabat nya, pada setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang di ketahui oleh-Mu”

Sholawat tersebut populer dengan nama sholawat Kamilah atau sholawat Nariyah. Tetapi ada pula yang menamakan nya Sholawat Tafrijiyah. Assy-Syaikh Al-‘Arif Muhammad Haqqi Afandi An-Naizili menyebutkan Sholawat ini dan keterangan nya dalam kitab nya, Khazinah al-Asrar.

Di sebutkan pula penjelasan dari Al-Imam Al-Qurthubi, barang siapa merutinkan sholawat ini setiap hari selama 41 kali atau 100 kali atau lebih, Allah akan melepaskan kesusahan nya , menghilangkan penderitaan nya, memudahkan urusan nya menyinari hati nya, meninggikan kedudukan nya, membaguskan keadaan nya meluaskan rezeki nya, membukakan pintu-pintu kebaikan dengan tambahan nya, membuat ucapan nya di terima di kalangan pemimpin, memberi nya keamanan dari berbagai peristiwa buruk, dari kelaparan dan kefakiran, memasukkan perasaan cinta (suka) di hati orang-orang terhadap nya, dan apa saja yang di minta nya kepada Allah SWT akan di beri oleh-Nya. Tetapi semua ini tak dapat tercapai kecuali jika syarat nya di penuhi, yakni membaca nya secara rutin.

Di bagian lain dari kitab nya tersebut, ia mengataka, “di antara sholawat yang mujarab adalah sholawat Tafrijiyah. Orang-orang Maghrib (Afrika Barat Laut secara umum, atau Maroko khusus nya -Red) menyebut nya sebagai Sholawat Nariyah ; karena apabila ingin mendapatkan apa yang di harapkan atau ingin menolak (menghindari) apa yang di khawatirkan, mereka berkumpul di suatu majelis dan membaca nya sebanyak 4.444 kali, maka mereka mendapatkan apa yang di inginkan nya itu dengan cepat secepat kobaran api yang membakar (nar berarti api). “

Di sebutkan pula keterangan bahwa  barang siapa rutin membaca nya setiap hari sebanyak sebelas kali, keberkahan nya akan menurunkan keberkahan dari langit dan mengeluarkan nya dari bumi.

Al-Imam Ad-Dinawari mengatakan, ” Barang siapa membaca Sholawat ini setiap sesudah Sholat sebanyak sebelas kali dan menjadikan nya sebagai wirid, rezeki nya tak akan terputus, akan mendapatkan kedudukan yang tinggi, dan memperoleh kekayaan. Barang siapa membaca nya sesudah sholat Subuh setiap hari sebanyak 41 kali, niscaya ia akan mendapatkan apa yang di harapkan nya dan mencapai  tujuan nya lebih dari yang ia inginkan.

Barang siapa membaca nya sejumlah bilangan para rosul, 313 kali, untuk menyingkap rahasia-rahasia, niscaya ia akan dapat melihat apa yang di inginkan nya. Dan barang siapa membaca nya setiap hari sebanyak seribu kali, niscaya ia akan mendapatkan sesuatu yang tak dapat di gambarkan orang, tak pernah terlihat mata, tak pernah terdengar oleh telinga, dan tak perbah terbetik di hati manusia.”

Al-Imam Al-Qurthubi mengatakan , “Barang siapa ingin mendapatkan sesuatu yang sangat penting atau menolak bencana yang terus menerus berlangsung, hendaklah ia membaca sholawat Tafrijiyah ini sebanyak 4.444 kali. Maka Allah SWT  akan mewujudkan keinginan dan harapan nya sesuai dengan niat nya.”

 

sumber: Bonus Al-Kisah edisi 08/2007

 

 

 

 

Leave a comment

Filed under Sholawat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s